KOMPUTER SEBAGAI ELEMEN DALAM
SISTEM INFORMASI
Ada 5 generasi komputer :
1. Generasi
pertama (1953-1958)
Komponen perangkat keras adalah tabung elektronik dan memori
magnetis,serta organisasi pengolahan data masih sederhana.
2. Generasi
kedua (1958-1966)
Transitor menggantikan tabung menyempurnakan teknologi
memori dengan daya simpan yang lebih besar dan mulai dikembangkan pengolah
bahas (compilers).
3. Generasi
ketiga(1966-1974)
Rangkaian terpadu berukuran besar menggantikan transitor.
Memori elektronik berbasis rangkaian terpadu menggantikan komponen magnetis.
4. Generasi
keempat(19741982)
Rangkaian terpadu skala amat besar (VLSI: Very Large Scale
Integration).
5. Generasi
kelima
Generai ini belum jelas ciri-cirinya, pengambilan keputusan
langsung oleh komputer.
Di dalam komputer unit yang paling penting adalah CPU
(Central Processing Unit) yang mengoperasikan semua unit sistem komputer yang
lain, serta mengubah input menjadi output.
CPU mempunyai satu unit penyimpanan yang disebut PRIMARY
STORAGE, berisi data yang sedang diolah.
Lalu ada software yang digunakan untuk menggambarkan satu
atau beberapa program aplikasi.
Control Unit, membuat unit bekerja sama untuk membentuk
suatu sistem. Control Unit dan ALU digunakan untuk mengolah isi “Penyimpanan
Primer”.
Kapasitas Penyimpanan Primer terbatas, maka diperluka
penyimpanan tambahan, yang disebut dengan “Penyimpanan Sekunder”, yaitu tempat
untuk menyimpan program dan data saat tidak diperlukan.
BENTUK PENYIMPANAN PRIMER
1. R.A.M (Random Access Memory), untuk menyimpan software
dan data. Memungkinkan operasi baca maupun tulis, tetapi juga disebut VOLATILE,
isinya hilang saat listrik dimatikan.
2. R.O.M (Read-Only Memory) , jenis khusus penyimpanan
primer yang dapat dibaca tetapi tidak dapat ditulis. R.O.M menyimpan material
seperti instruksi-instruksi yang memberitahukan komputer, apa yang harus
dilakukan saat dinyalakan. Bersifat NON VOLATILE, isinya tidak terhapus saat
listrik dimatikan.
3. Cache Memory, perpindahan instruksi program dan data
antara Penyimpanan Primer dan Processor (Control Unit dan ALU) dicapai pada
kecepatan yang sangat tinggi. Sejumlah komputer mampu mencapai kecepatan yang
sangat tinggi dengan menyertakan RAM khusus yang sangat cepat dan sangat mahal
yang ditempatkan antara RAM biasa dan Processor. RAM jenis ini dikenal dengan
istilah Cache Memory.
ALAT - ALAT INPUT:
1. Unit input yang paling popular adalah Keyboard.
2. Alat Penunjuk (Pointing Device) :
o Mouse ; suatu alat kecil dan ringan yang pas dengan
telapak tangan. Dihubungkan ke komputer dengan suatu kabel.
o Track Ball ; suatu
alat penunjuk yang serupa dengan mouse kecuali bolanya berada diatas dan bukan
dibawah. User dapat menggerakkan kursor hanya dengan memutar bola tanpa memindahkan seluruh alat tersebut.
o Touch Screen ; memungkinkan user memasukkan data atau
instruksi hanya dengan menyentuh satu lokasi dilayar dengan menggunakan jari.
o Light Pen ; digunakan untuk menunjuk layar seperti pada
touch screen. Saat pena digerakkan, suatu sinyal elektronik dikirimkan melalui
kabel ke komputer sehingga sinyal tersebut dapat diinterpretasikan oleh
program.
o Remote Control ; user dapat berkomunikasi dengan komputer
seperti kita mengatur TV dengan menggunakan remote control.
3. Alat Pembaca Optis
Alat input yang membaca data dengan menyinari sinar terang
diatas data. Co. : Scanner Barcode.
4. Alat Pembaca Magnetis. Co. ATM.
5. Alat Input Pengenal Suara
Memasukkan perintah atau data ke komputer dapat dilakukan
hanya dengan berbicara kedalam mikrofon yang dihubungkan pada unit pengenal
suara, kemudian menganalisis pola suara dan mengubahnya menjadi bentuk digital
untuk diproses.
ALAT – ALAT OUTPUT
Hasil akhir dari pemrosesan komputer berupa Output.
1. Alat Output Tampilan ;
Yang paling popular bagi user adalah Monitor. Monitr
digunakan oleh komputer semua ukuran.
2. Alat Ouput Cetakan ;
Printer menghasilkan output salinan kertas.
3. Alat Output Suara ;
Speech Output Unit dapat memilih serangkaian suara digital
untuk membentuk output komputer bersuara yang dapat langsung ditransmisikan
melalui saluran komunikasi.
4. Plotter ;
Alat output khusus ini dirancang untuk user yang membutuhkan
output grafik. Output grafik membutuhkan perangkat keras yang sesuai. 3 jenis
alat yang dapat menghasilkan output grafik : Printer, Plotter, Monitor.
Alat input dan output menyediakan hubungan komunikasi
anatara manajer dan komputer untuk memecahkan masalah guna pengambilan
keputusan yang efektif dan efisien.
SOFTWARE
1. System Software ; melaksanakan tugas-tugas dasar tertentu
yang dibutuhkan user.
a. Sistem Operasi, mengelola proses komputer yang berfungsi
sebagai interface antara user, software dan hardware.
b. Program Utility, memungkinkan user untuk mengcopy,
menghapus, mengurutkan isi file, menggabungkan 2 file atau lebih dan
mengendalikan arus data antara user dan komputer.
c. Language Translator,
Bahasa generasi
pertama (Bahasa Mesin)
Program ini dalam bahasa pemrograman dan diterjemahkan
kedalam bahasa mesin sebelum dijalankan.
2. Software Aplikasi
; membantu pengelolaan sumber daya fisik dan konseptual. Hal ini ditempuh dalam
2 cara, yaitu :
a. Membuat program sendiri (custom programming), Sebagisn
besar perusahaan yang menggunakan komputer besar memiliki staf spesialis
informasi sendiri. Tugas para spesialis ini merancang system berbais computer
yang memenuhi kebutuhan unik perusahaan. Produk mereka adalah koleksi perangkat
lunak (software library) dari program pesanan (custom program).
b. Membeli paket jadi (prewritten package).Contoh :
Groupware, sistem surat elektronik, sistem manajemen proyek, paket analisis
statistic & perkiraan (forecasting), word processor, spread sheet
elektronik, paket2 grafik dan sistem desktop publishing.
Software aplikasi merupakan program yang digunakan untuk
menyelesaikan suatu aplikasi tertentu. Beberapa aplikasi disebut general purpose
programs. Secara umum, general purpose programs antara lain :
1. Pengolah kata, adalah program yang menjadikan computer
berfungsi sebagai alat Bantu dalam membuat, mengedit, mengatur, menyimpan dan
mencetak dokumen berupa teks. Misalnya Wordstar, Word Prefect, MS-Word, AMI PRO
dan Chi Writer.
2. Pengolah angka, adalah program yang menjadikan computer
berfungsi sebagai alat Bantu dalam membuat, mengedit, mengatur, menyimpan dan
mencetak dokumen berupa table dan grafik yang merupakan implementasi dari data
yang ada. Misalnya Lotus, MS-Excel, Quattro Pro dsb.
3. Pengolah data, adalah program yang menjadikan computer
berfungsi sebagai alat Bantu dalam membuat, mengedit, mengatur, menyimpan dan
mencetak dokumen berupa informasi hasil pengolahan data. Misalnya Dbase,
FoxBase dan FoxPro.
4. Desktop Publishing, program yang menjadikan komputer
berfungsi sebagai alat Bantu dalam membuat, mengedit, mengatur, menyimpan dan
mencetak dokumen yang terdiri dari gambar, border, grafik dsb.
5. Software telekomunikasi, adalah program yang membantu
membangun hubungan dalam system jaringan komputer. Dalam suatu jaringan
komunikasi data antara dua jenis atau lebih prosesor diperlukan suatu jenis
perangkat lunak yang disebut protokol. Contoh perangkat lunak protokol adalah
TCP/IP, Ethernet, PCNet, PC BBS dll.
6. Software grafis, adalah program yang menjadikan computer
berfungsi sebagai alat Bantu dalam membuat, mengedit, mengatur, menyimpan dan
mencetak dokumen berupa presentasi dsbnya. Misalnya Power Point, Corel Draw dan
Photoshop.
7. Software multimedia, adalah program yang menjadikan computer
berfungsi sebagai alat Bantu dalam membuat, mengedit, mengatur, menyimpan dan
mencetak dokumen berupa gabungan dari data, suara, gambar, video dan animasi.
0 komentar:
Posting Komentar