Search My Blog

Komputer Sebagai Elemen dalam Sistem Informasi

KOMPUTER SEBAGAI ELEMEN DALAM
SISTEM INFORMASI

Ada 5 generasi komputer :
1.  Generasi pertama (1953-1958)
    Komponen perangkat keras adalah tabung elektronik dan memori magnetis,serta organisasi             pengolahan data masih sederhana.
2.  Generasi kedua (1958-1966)
    Transitor menggantikan tabung menyempurnakan teknologi memori dengan daya simpan yang         lebih besar dan mulai dikembangkan pengolah bahas (compilers).
3.  Generasi ketiga(1966-1974)
    Rangkaian terpadu berukuran besar menggantikan transitor. Memori elektronik berbasis                 rangkaian terpadu menggantikan komponen magnetis.
4.  Generasi keempat(19741982)
    Rangkaian terpadu skala amat besar (VLSI: Very Large Scale Integration).
5.  Generasi kelima
    Generai ini belum jelas ciri-cirinya, pengambilan keputusan langsung oleh komputer.


Di dalam komputer unit yang paling penting adalah CPU (Central Processing Unit) yang mengoperasikan semua unit sistem komputer yang lain, serta mengubah input menjadi output.
CPU mempunyai satu unit penyimpanan yang disebut PRIMARY STORAGE, berisi data yang sedang diolah.
Lalu ada software yang digunakan untuk menggambarkan satu atau beberapa program aplikasi.
Control Unit, membuat unit bekerja sama untuk membentuk suatu sistem. Control Unit dan ALU digunakan untuk mengolah isi “Penyimpanan Primer”.
Kapasitas Penyimpanan Primer terbatas, maka diperluka penyimpanan tambahan, yang disebut dengan “Penyimpanan Sekunder”, yaitu tempat untuk menyimpan program dan data saat tidak diperlukan.

BENTUK PENYIMPANAN PRIMER
1. R.A.M (Random Access Memory), untuk menyimpan software dan data. Memungkinkan operasi      baca maupun tulis, tetapi juga disebut VOLATILE, isinya hilang saat listrik dimatikan.
2. R.O.M (Read-Only Memory) , jenis khusus penyimpanan primer yang dapat dibaca tetapi tidak        dapat ditulis. R.O.M menyimpan material seperti instruksi-instruksi yang memberitahukan                komputer, apa yang harus dilakukan saat dinyalakan. Bersifat NON VOLATILE, isinya tidak            terhapus saat listrik dimatikan.
3. Cache Memory, perpindahan instruksi program dan data antara Penyimpanan Primer dan              Processor (Control Unit dan ALU) dicapai pada kecepatan yang sangat tinggi. Sejumlah komputer    mampu mencapai kecepatan yang sangat tinggi dengan menyertakan RAM khusus yang sangat      cepat dan sangat mahal yang ditempatkan antara RAM biasa dan Processor. RAM jenis ini            dikenal dengan istilah Cache Memory.

ALAT - ALAT INPUT:

1. Unit input yang paling popular adalah Keyboard.
2. Alat Penunjuk (Pointing Device) :
   o Mouse ; suatu alat kecil dan ringan yang pas dengan telapak tangan. Dihubungkan ke       komputer dengan suatu kabel.
   o Track Ball ; suatu alat penunjuk yang serupa dengan mouse kecuali bolanya berada diatas dan       bukan dibawah. User dapat menggerakkan kursor hanya dengan memutar bola tanpa                   memindahkan seluruh alat tersebut.
   o Touch Screen ; memungkinkan user memasukkan data atau instruksi hanya dengan menyentuh      satu lokasi dilayar dengan menggunakan jari.
   o Light Pen ; digunakan untuk menunjuk layar seperti pada touch screen. Saat pena digerakkan,        suatu sinyal elektronik dikirimkan melalui kabel ke komputer sehingga sinyal tersebut dapat              diinterpretasikan oleh program.
   o Remote Control ; user dapat berkomunikasi dengan komputer seperti kita mengatur TV dengan      menggunakan remote control.
3. Alat Pembaca Optis
   Alat input yang membaca data dengan menyinari sinar terang diatas data. Co. : Scanner                Barcode.
4. Alat Pembaca Magnetis. Co. ATM.
5. Alat Input Pengenal Suara
   Memasukkan perintah atau data ke komputer dapat dilakukan hanya dengan berbicara kedalam      mikrofon yang dihubungkan pada unit pengenal suara, kemudian menganalisis pola suara dan        mengubahnya menjadi bentuk digital untuk diproses.

ALAT – ALAT OUTPUT

Hasil akhir dari pemrosesan komputer berupa Output.
1. Alat Output Tampilan ;
   Yang paling popular bagi user adalah Monitor. Monitr digunakan oleh komputer semua ukuran.
2. Alat Ouput Cetakan ;
   Printer menghasilkan output salinan kertas.
3. Alat Output Suara ;
   Speech Output Unit dapat memilih serangkaian suara digital untuk membentuk output komputer        bersuara yang dapat langsung ditransmisikan melalui saluran komunikasi.
4. Plotter ;
   Alat output khusus ini dirancang untuk user yang membutuhkan output grafik. Output grafik            membutuhkan perangkat keras yang sesuai. 3 jenis alat yang dapat menghasilkan output grafik :      Printer, Plotter, Monitor.

Alat input dan output menyediakan hubungan komunikasi anatara manajer dan komputer untuk memecahkan masalah guna pengambilan keputusan yang efektif dan efisien.

SOFTWARE
1. System Software ; melaksanakan tugas-tugas dasar tertentu yang dibutuhkan user.
   a. Sistem Operasi, mengelola proses komputer yang berfungsi sebagai interface antara user,             software dan hardware.
   b. Program Utility, memungkinkan user untuk mengcopy, menghapus, mengurutkan isi file,                 menggabungkan 2 file atau lebih dan mengendalikan arus data antara user dan komputer.
   c. Language Translator,
      Bahasa generasi pertama (Bahasa Mesin) 
      Program ini dalam bahasa pemrograman dan diterjemahkan kedalam bahasa mesin sebelum           dijalankan.

2.  Software Aplikasi ; membantu pengelolaan sumber daya fisik dan konseptual. Hal ini ditempuh        dalam 2 cara, yaitu :
     a. Membuat program sendiri (custom programming), Sebagisn besar perusahaan yang                     menggunakan komputer besar memiliki staf spesialis informasi sendiri. Tugas para spesialis ini         merancang system berbais computer yang memenuhi kebutuhan unik perusahaan. Produk             mereka adalah koleksi perangkat lunak (software library) dari program pesanan (custom                 program).
     b. Membeli paket jadi (prewritten package).Contoh : Groupware, sistem surat elektronik, sistem           manajemen proyek, paket analisis statistic & perkiraan (forecasting), word processor, spread           sheet elektronik, paket2 grafik dan sistem desktop publishing.

Software aplikasi merupakan program yang digunakan untuk menyelesaikan suatu aplikasi tertentu. Beberapa aplikasi disebut general purpose programs. Secara umum, general purpose programs antara lain :
1. Pengolah kata, adalah program yang menjadikan computer berfungsi sebagai alat Bantu dalam      membuat, mengedit, mengatur, menyimpan dan mencetak dokumen berupa teks. Misalnya              Wordstar, Word Prefect, MS-Word, AMI PRO dan Chi Writer.
2. Pengolah angka, adalah program yang menjadikan computer berfungsi sebagai alat Bantu dalam    membuat, mengedit, mengatur, menyimpan dan mencetak dokumen berupa table dan grafik yang    merupakan implementasi dari data yang ada. Misalnya Lotus, MS-Excel, Quattro Pro dsb.
3. Pengolah data, adalah program yang menjadikan computer berfungsi sebagai alat Bantu dalam      membuat, mengedit, mengatur, menyimpan dan mencetak dokumen berupa informasi hasil              pengolahan data. Misalnya Dbase, FoxBase dan FoxPro.
4. Desktop Publishing, program yang menjadikan komputer berfungsi sebagai alat Bantu dalam          membuat, mengedit, mengatur, menyimpan dan mencetak dokumen yang terdiri dari gambar,          border, grafik dsb.
5. Software telekomunikasi, adalah program yang membantu membangun hubungan dalam system      jaringan komputer. Dalam suatu jaringan komunikasi data antara dua jenis atau lebih prosesor        diperlukan suatu jenis perangkat lunak yang disebut protokol. Contoh perangkat lunak protokol        adalah TCP/IP, Ethernet, PCNet, PC BBS dll.
6. Software grafis, adalah program yang menjadikan computer berfungsi sebagai alat Bantu dalam      membuat, mengedit, mengatur, menyimpan dan mencetak dokumen berupa presentasi dsbnya.        Misalnya Power Point, Corel Draw dan Photoshop.
7. Software multimedia, adalah program yang menjadikan computer berfungsi sebagai alat Bantu        dalam membuat, mengedit, mengatur, menyimpan dan mencetak dokumen berupa gabungan dari    data, suara, gambar, video dan animasi.

0 komentar:

Posting Komentar

Forza Milan

Forza Milan
Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / hudan's blog

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger